My Facebook

  1. Muria_Foundation
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB JURUSAN TARBIYAH STAIN KUDUS

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB JURUSAN TARBIYAH STAIN KUDUS


Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) diselenggarakan berdasarkan surat ijin penyelenggaraan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kemenag RI sejak yahun 2007. Dalam perkembangannya, PBA selalu banyak diminati oleh calon mahasiswa, sehingga setaip tahun STAIN Kudus selalu menyeleksi para pendaftar melalui tes seleksi. Tidak semua yang mendaftar di PBA diterima, namun mereka yang berkemampuan baiklah yang berkesempatan menempuh perkuliahan di PBA, terutama dalam kemampuan dasar bahasa Arab.
 
Sampai sekarang, ratusan mahasiswa sedang menempuh pendidikan di PBA, diajar oleh para dosen berkualifikasi magister dan doktor di bidangnya masing-masing. Para dosen juga sering diikutsertakan dalam forum-farum nasional dan internasional untuk menambah wawasan dan kemampuan keilmuan. Para dosen juga difasilitasi untuk studi program doktor untuk meningkatkan kompetensi dan kualifikasinya.

PBA semakin hari semakin berperan dalam menyaipakn tenaga pendidik bidang bahasa Arab. PBA mempunyai media ilmiah berupa Jurnal ARABIA, para ilmuwan bisa menuliskan gagasannya untuk dimuat dalam jurnal tersebut.